Selasa, 22 November 2016

Potensi Komplikasi Gagal Ginjal Akut


Potensi Komplikasi Gagal Ginjal Akut ,- Ginjal membantu pekerjaan seluruh tubuh dengan benar. Bila ada  masalah pada ginjal maka, akan terasa masalah / gangguang pada tubuh. Penyakit gagal ginjal yang sudah kronis memang dapat memicu komplikasi, munculnya penyakit mematikan akibat ginjal tidak berfungsi dengan normal. Bukan hanya penderita gagal ginjal kronis, pada beberapa kasus penderita gagal ginjal akut dapat juga potensi komplikasi. Berikut beberapa penyakit yang terjadi akibat gagal ginjal :
  • Anemia
  • Penyakit tulang dan fosfor tinggi (hyperphosphatemia)
  • Penyakit jantung
  • Kalium tinggi (hiperkalemia)
  • Penumpukan cairan
Anemia
Ginjal membantu tubuh membuat sel-sel darah merah. Ketika ginjal tidak bekerja dengan baik, tubuh Anda mungkin tidak memiliki cukup sel darah merah. Kondisi ini disebut anemia (ah-NEE-mee-uh).

Penyakit tulang dan fosfor tinggi (hyperphosphatemia) 
Tubuh membutuhkan kalsium dan vitamin D untuk memiliki tulang yang sehat. Ginjal yang sehat membantu menjaga tulang sehat. Jika memiliki penyakit ginjal, ginjal mungkin tidak dapat melakukan pekerjaan penting ini.

Penyakit jantung 
Penyakit jantung dapat menyebabkan penyakit ginjal, namun penyakit ginjal juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Penyakit jantung adalah penyebab paling umum kematian di antara orang-orang di dialisis. Istilah "penyakit jantung" mengacu pada masalah dengan jantung dan pembuluh darah . Hal ini juga disebut penyakit kardiovaskular. Ketika ginjal tidak bekerja dengan baik dan tidak dapat mendukung bagian lain dari tubuh  sebagaimana mestinya. Penyakit ginjal dapat menyebabkan anemia. Bila memiliki anemia, jantung dan lainnya maka organ tubuh  tidak bisa mendapatkan cukup oksigen. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung.

Ginjal membantu mengontrol tekanan darah. Ketika ginjal tidak bekerja dengan baik, tekanan darah bisa terlalu tinggi. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah serius, seperti serangan jantung dan stroke. Penyakit ginjal dapat menyebabkan masalah dengan jumlah kalsium dan fosfor dalam darah . Bila tidak memiliki jumlah yang tepat kalsium atau fosfor dalam tubuh, pembuluh darah utama yang terhubung ke jantung bisa rusak.

Penyakit jantung sering tidak memiliki gejala apapun sampai jantung dan darah pembuluh yang rusak parah. Cara terbaik untuk mencegah penyakit jantung adalah untuk mencegah masalah yang dapat menyebabkan hal itu, seperti anemia, tekanan darah tinggi dan masalah dengan kadar kalsium dan fosfat.

Kalium tinggi (hiperkalemia)

Ginjal yang sehat menyaring kalium ekstra (mineral yang ditemukan dalam banyak makanan) dari darah. Jika memiliki penyakit ginjal, maka perlu membatasi kalium karena ginjal tidak dapat menyaring itu.

Penumpukan cairan
Ginjal sehat mengambil cairan ekstra (cair) dari darah. Ketika ginjal tidak bekerja dengan baik, maka tidak dapat mengambil cairan yang cukup. Hal ini dapat menyebabkan cairan ekstra dalam darah untuk membangun dalam tubuh.

Memiliki terlalu banyak cairan dalam tubuh dapat menyebabkan masalah dengan jantung dan paru-paru. Hal ini juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang merupakan penyebab paling umum kedua gagal ginjal. Mengontrol asupan cairan dapat membantu mencegah masalah ini dan menurunkan resiko kerusakan ginjal lebih lanjut.

Jika tubuh terdapat terlalu banyak cairan, maka mungkin terjadi detak jantung lebih cepat dan pembengkakan yang dimulai pada kaki dan pergelangan kaki dan bergerak ke atas. 

Gunakan tips-tips untuk membatasi berapa banyak cairan yang Anda ambil di setiap hari dan memeriksa Infographic kami pada tetap terhidrasi tanpa berlebihan cairan:
  • Mengikuti diet rendah garam.
  • Jika terasa haus, cobalah mengisap es batu atau permen keras (bebas gula jika memiliki diabetes).
  • Ingat bahwa makanan, seperti es krim dan sup, dihitung sebagai cairan! Buah dan sayuran juga memiliki cairan di dalamnya. Setiap kali Anda makan atau minum sesuatu yang dianggap cairan, menuliskannya. Melacak berapa banyak cairan yang Anda konsumsi di sepanjang hari.
Tanyakan kepada dokter berapa banyak cairan harus memiliki. Tips di atas merupakan salah satu solusi untuk mengontrol porsi cairan yang masuk pada tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar